Yuk, Jalan-Jalan ke 5 Perpustakaan Asyik di Jakarta

Buku adalah gudang ilmu. Rupa-rupa pengetahuan mulai dari yang sifatnya abstrak hingga yang praktis seperti cara memulai usaha, bisa kita dapatkan dari membaca buku. Karena itu keberadaan perpustakaan amat penting bagi kemajuan suatu bangsa.

Sebagai ibukota negara, Jakarta punya beberapa perpustakaan yang asyik untuk dikunjungi. Bukan cuma memberikan layanan membaca atau meminjam buku, perpustakaan asyik di Jakarta ini punya fasilitas tambahan seperti perangkat audiovisual dan ruang bermain anak.

 

1. Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas)

via wikimedia.org

Perpustakaan Nasional yang berlokasi di Jalan Salemba Raya 28 ini menyimpan banyak koleksi buku. Pada tahun 2004 saja koleksinya mencapai 300 ribu judul. Jumlah itu belum termasuk 11 ribu naskah kuno yang turut dikoleksi Perpustakaan Nasional. Tiga di antara naskah tersebut bahkan telah terdaftar dalam Memory of The World UNESCO, yakni naskah Negarakertagama, Babad Diponegoro, dan La Galigo.

Perpustakaan Nasional punya 6 lantai. Tiap lantai menyimpan koleksi yang berbeda-beda. Misalnya peta dan lukisan bisa kita jumpai di lantai 2, materi audiovisual di lantai 4, sementara naskah kuno langka di lantai 5.

Hanya saja untuk membaca buku di sini tidak bisa sembarangan. Perpustakaan Nasional memberlakukan sistem tertutup, yakni pustakawan yang akan mencarikan buku yang ingin kita baca. Aturan tersebut dilakukan agar koleksi perpustakaan bebas dari tangan-tangan jahil dan tidak rusak.

 

2. Perpustakaan Umum DKI Jakarta

via jakartabytrain.com

Perpustakaan Umum DKI Jakarta atau yang biasanya dikenal sebagai perpustakaan Cikini terletak di kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Semua pengunjung, setelah menitipkan kartu identitas pada petugas perpustakaan, bebas masuk ke perpustakaan. Sayangnya untuk prosedur peminjaman buku, perpustakaan Cikini hanya melayani warga yang memiliki KTP DKI.

Perpustakaan ini terdiri dari 4 lantai. Lantai pertama adalah aula dan ruang pamer, lantai 2 perpustakaan umum, lantai 3 perpustakaan anak, dan lantai 4 tempat penyimpanan buku-buku referensi. Datanglah berkunjung ke sini perpustakaan ini pada hari kerja. Perpustakaan ini buka dari pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore.

 

3. Perpustakaan Umum Daerah Nyi Ageng Serang

via beritajakarta.com

Sama seperti perpustakaan Cikini, perpustakaan yang terletak di Gedung Nyi Ageng Serang ini juga dikelola oleh Pemprov DKI. Letaknya di Jalan H.R. Rasuna Said, tidak jauh dari GOR Soemantri Brodjonegoro dan Plaza Festival. Perpustakaan letaknya di Lantai 7 dan 8.

Koleksi buku umum terletak di lantai 7. Di sana kamu bisa membaca buku manajemen, politik, psikologi, sejarah, dan lain sebagainya. Sementara kalau kamu mencari kamus, ensikopledia, surat kabar, atau majalah, naiklah ke lantai 8.

Serunya di lantai ini juga ada replika rumah Betawi, persis seperti rumahnya Si Doel Anak Betawi. Perpustakaan ini buka setiap hari, kecuali hari libur nasional, dari pukul 9 pagi hingga 8 malam.

 

4. Perpustakaan Kemdikbud

via twitter.com/kemdikbud_ri

Perpustakaan asyik di Jakarta lainnya adalah perpustakaan Kemdikbud. Lokasinya terletak di Gedung A kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan. Koleksi di sini awalnya merupakan hibah dari British Council yang kemudian makin banyak setelah Kemdikbud terus menambahkan.

Selain membaca buku, kamu bisa menonton atau mendengarkan materi audiovisual karena perpustakaan ini lengkap menyediakan perangkat pemutarnya. Saat ini koleksi perpustakaan sudah mencapai lebih dari 29 ribu judul. Silakan kunjungi perpustakaan ini pada hari kerja, mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.

 

5. Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana

via pustakakelana.or.id

Jika keempat perpustakaan sebelumnya dikelola oleh pemerintah, perpustakaan yang terakhir ini dikelola oleh Yayasan Pustaka Kelana. Perpustakaan ini terletak di Jalan Kelapa No. 2 Rawamangun, Jakarta Timur. Yang menjadikan perpustakaan ini berbeda adalah bangunannya yang berupa rumah persis di tengah pemukiman warga sehingga mudah dijangkau oleh anak-anak di sekitar.

Perpustakaan ini punya beragam koleksi buku mulai dari buku cerita anak, novel, komik, hingga ensiklopedia. Kamu juga bisa menemukan buku-buku berbahasa Inggris, Jepang, atau Swedia hasil sumbangan penerbit dan yayasan dari dalam dan luar negeri. Perpustakaan ini buka hari Senin sampai Jumat dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Khusus untuk hari Sabtu, mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore.

 

Tuh kan terbukti tempat menarik di Jakarta bukan cuma mal. Kamu bisa saja main-main ke perpustakaan atau ke museum. Ya, Jakarta juga punya beberapa museum unik yang menarik untuk dikunjungi lho. Waktu senggangmu dapat kamu isi dengan kegiatan yang bukan cuma menyenangkan tapi juga bermanfaat.


 

 

Leave a Reply