5 Tips Mudah Mengatur Keuangan Pribadi

Salah satu ciri orang dewasa adalah mandiri dalam urusan finansial. Bukan cuma mampu mencukupi kebutuhannya sendiri, ia juga harus bisa mengatur keuangan sendiri. Dengan begitu uang yang masuk dan keluar dapat terpantau dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa tips mudah dalam mengatur keuangan pribadi.

 

1. Buat bujet bulanan

Tips Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Pintar dan Mudah
Buatlah bujet bulanan via outfi.nl

Kalau negara saja punya anggaran pendapatan dan belanja, maka kamu harusnya juga punya. Bedanya, kalau anggaran negara ditetapkan per tahun, tetapkan anggaranmu per bulan. Dengan begitu kamu tahu kondisi riil keuanganmu.

Sewaktu merancang bujet bulanan, tetapkan skala prioritas. Prioritas utama adalah pos untuk tabungan dan investasi. Sesudahnya sisihkan sedikit untuk dana darurat mengantisipasi hal-hal yang tidak diduga. Sisanya baru boleh kamu gunakan untuk membiayai kebutuhan bulanan seperti bayar kontrakan, pulsa, ongkos, makan, dan lain sebagainya.

 

2. Catat pengeluaranmu

Tips Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Pintar dan Mudah
Aplikasi mencatat pengeluaran Shoeboxed via lifehack.com

Selalu catat pengeluaranmu tiap hari. Kamu bisa mencatatnya di buku kecil atau kalau tidak mau repot zaman sekarang sudah banyak aplikasi smartphone untuk mencatat pengeluaran.

Dalam mencatat pengeluaran, kamu harus telaten. Jangan sepelekan uang receh atau pengeluaran kecil. Misalnya kamu senang membeli kopi instan yang harganya lima ribu di minimarket dekat kantor. Kalau kamu rutin tiap hari beli, pengeluaran untuk kopi instanmu itu sudah menggelembung jadi seratus ribu lebih.

 

3. Keinginan vs. Kebutuhan

Tips Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Pintar dan Mudah
Keinginan vs Kebutuhan via mymodernmet.com

Sebenarnya agak susah-susah gampang membedakan kebutuhan dan keinginan. Secara umum kebutuhan adalah hal-hal yang harus kamu penuhi untuk menunjang kinerja atau aktivitas sehari-hari. Misalnya, transportasi, makan minum, kontrakan, dan pakaian. Sementara keinginan biasanya merupakan perluasan atas kebutuhan dan sifatnya sementara.

Sebagai contoh, kamu diundang ke acara pernikahan teman. Sepatu yang biasanya kamu pakai untuk menghadiri acara-acara resmi sebenarnya masih bagus, tapi karena entah kenapa kamu bosan, kamu ingin memakai sepatu baru ke acara tersebut.

Kalau sudah begitu, ada baiknya kamu membuat daftar keinginan dan kebutuhan. Dahulukan hal-hal yang ada pada daftar kebutuhan dan kalau sudah terpenuhi baru kamu bisa mulai membeli yang ada pada daftar keinginan.

 

4. Kuatkan iman

Tips Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Pintar dan Mudah
Setialah pada bujet via savethestudents.org

Teguhkan hati pada bujet bulanan. Kalau ada tawaran diskon menggoda tapi tidak sesuai bujet, lebih baik kamu ambil langkah seribu. Jangan sampai kamu tergoda dan karena tidak punya cukup dana, akhirnya kamu mengandalkan kartu kredit untuk membayarnya. Ingat, kartu kredit adalah utang yang tertunda.

 

5. Evaluasi Pengeluaran

Tips Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Pintar dan Mudah
Evaluasi keuanganmu setiap bulan via payscale.com

Ketika sudah berada pada penghujung bulan, evaluasilah bujet bulananmu. Perhatikan, apakah kamu sudah cukup efisien membelanjakan uang. Jangan-jangan kamu malah terlalu banyak membeli keinginan ketimbang membeli kebutuhan.

Dari situ kamu bisa belajar untuk lebih bijak lagi menggunakan uang. Evaluasi keuangan ini juga bisa kamu jadikan acuan untuk membuat rencana anggaran untuk bulan berikutnya.

 

Mengatur keuangan yang baik sangatlah berguna untuk tujuan atau target kamu ke depannya seperti melanjutkan kuliah, membeli rumah, ataupun simpanan masa tua.

Agar pemahamanmu soal pengelolaan keuangan pribadi lebih komplet, setelah tahu tipsnya lanjutkan dengan prinsipnya. Salah satu prinsip pengelolaan keuangan yang banyak diterapkan adalah prinsip 50/30/20.


 

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply