5 Olahraga yang Cocok untuk Kaum Urban

Tuntutan pekerjaan di kota-kota besar seperti Jakarta begitu menyita waktu kaum urban, hingga seringkali aktivitas berolahraga jadi terkorbankan. Lihat saja, hari Senin sampai Jumat terpakai untuk bekerja, lalu Sabtu dan Minggunya habis untuk arisan atau kondangan. Lalu kapan olahraganya?

Hmm, asal bisa menjauhkan anggapan bahwa olahraga membutuhkan waktu, tempat, atau peralatan khusus, kamu bisa tetap berolahraga kok. Ada beberapa olahraga kaum urban yang relatif tidak makan banyak waktu dan tempat. Olahraga apa sajakah itu?

 

1. Body Weight Training (BWT)

via greatist.com

Bagi kaum urban yang tidak punya banyak waktu untuk leha-leha, bahkan saat hari libur kerja, bisa melakukan Body Weight Training (BWT). Olahraga jenis ini sangat sederhana karena bisa dilakukan di kamar atau rumah. Selain itu karena hanya mengandalkan berat tubuh, kaum urban juga tidak perlu direpotkan dengan peralatan khusus. Beberapa latihan yang termasuk dalam BWT antara lain: squat, push up, pull up, jumping jack, planking, dan masih banyak lainnya.

 

2. Electrical Muscle Stimulation (EMS)

via panterest news

Memang sih seperti namanya, electrical muscle stimulation (EMS) membutuhkan alat khusus berupa kabel-kabel beraliran listrik yang dipasangkan pada tubuh. Kalau dibandingkan dengan BWT, tentu akan terkesan lebih repot.

Meski begitu, efek yang dihasilkan oleh EMS ini lebih besar dibandingkan dengan BWT. Dengan melakukan gerakan-gerakan fisik sambil ditempeli peralatan EMS selama 20 menit, efeknya ke tubuh sebanding dengan 3-4 jam berolahraga dengan alat fitnes. Olahraga ini selain sebagai terapi, juga efektif untuk menurunkan berat badan dan membentuk otot.

 

3. Yoga

via doyouyoga.com

Olahraga satu ini sudah dikenal sejak berabad-abad yang lalu. Dahulu yoga dilakukan oleh para pertapa India sebagai bentuk laku semadi. Sekarang yoga berkembang sebagai olahraga kaum urban.

Untuk melakukan yoga kamu hanya membutuhkan matras atau alas supaya tubuh tidak lecet sewaktu melakukan posisi tertentu. Olahraga ini selain melatih fisik juga berguna mengarahkan fokus dan pikiran alam bawah sadar.

 

Baca juga: 3 Meditasi Sederhana yang Praktis untuk Hilangkan Stres

 

4. Olahraga lari

via sooperboy.com

Bosan melakukan gerakan olahraga di rumah, kamu bisa memanfaatkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (car free day) untuk latihan lari. Supaya latihan larimu semakin konsisten, kamu bisa meniatkan diri untuk ikutan maraton. Sekarang ini sudah ada banyak acara maraton yang rutin digelar, seperti Jakarta Marathon atau Mandiri Marathon.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga lari. Selain membuat tubuh lebih segar, rutin berlari juga mengurangi risiko penyakit jantung, memperkuat tulang, serta efektif membakar kalori.

 

5. Street Workout

via pinterest.com

Selain olahraga lari, kamu juga bisa melakukan gerak yang lebih variatif di luar rumah. Manfaatkan fasilitas umum yang bisa ditemukan di ruang publik seperti tiang atau tembok untuk latihan street workout. Kamu bisa menggunakan taman dekat komplek atau taman bermain seperti Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

 

Setelah tahu beberapa olahraga yang pas untuk kaum urban tinggal kamu pilih mana yang cocok. Yang penting, jangan sampai pekerjaan menyita habis waktumu dan membuatmu tidak fit!


 

Leave a Reply