5 Buah Lokal Indonesia yang Keberadaannya Makin Sulit Ditemui

Sebagai daerah yang dianugerahi iklim yang bersahabat, tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas, menjadikan bumi Indonesia banyak ditumbuhi bermacam-macam tumbuhan. Saking suburnya Indonesia, grup musik Koes Plus lewat lagu Kolam Susu pernah bergurau, menanam tongkat kayu dan batu saja bisa jadi tanaman.

Sayangnya, semakin sempitnya lahan yang tersedia untuk tempat bercocok tanam ditambah keengganan kebanyakan orang untuk membudidayakannya, membuat beberapa jenis buah lokal Indonesia makin tersingkir. Keberadaan buah-buah ini makin susah ditemukan. Jadi kalau suatu hari menemukannya lagi memunculkan nostalgia tersendiri. Buah-buahan lokal Indonesia itu seperti:

 

1. Buah Kecapi

5 Buah Lokal Indonesia yang Langka
via mandala.co.id

Buah kecapi mempunyai kulit yang berwarna kuning, agak keras, dan tebal. Karena keras dan tebal, membukanya tidak bisa dengan tangan kosong. Praktik yang lazim tapi juga unik, banyak orang yang membelah kecapi dengan cata dijepitkan di celah pintu. Konon membelah dengan cara seperti ini menghasilkan belahan yang berbeda jika dibanding dibelah menggunakan pisau.

Kecapi rasanya manis dan asam-asam segar. Buah ini dipercaya dapat membantu mencegah risiko kanker dan penyakit jantung karena mengandung polifenol.

 

2. Buah Kokosan

 5 Buah Lokal Indonesia yang Langka
via khasiat.co.id

Sepintas dari tampilan fisiknya buah ini mirip dengan buah duku, langsat, atau rambai. Tapi kalau kamu perhatikan baik-baik, tandan kokosan lebih kuat, kulitnya lebih tipis, dan punya kandungan air serta getah lebih banyak dibanding duku.

Untuk menikmati kokosan, kamu tinggal menekannya dengan jari lalu hisap ujung buahnya. Kokosan rasanya manis, tapi lebih sering asam. Buah ini dipercaya dapat membantu mengobati demam dan malaria.

 

3. Buah Jamblang

5 Buah Lokal Indonesia yang Langka
via masirul.com

Nama lain buah jamblang adalah duwet. Buah ini merupakan suku jambu-jambuan. Bentuknya lonjong dengan kulit tipis licin mengilap seperti anggur. Warnanya merah tua sampai ungu kehitaman. Jamblang mengeluarkan rasa yang manis asam atau sepat asam.

Seperti dua buah lokal Indonesia yang sudah disebutkan di atas, jamblang juga sudah sulit ditemukan karena semakin jarang orang yang membudidayakannya. Padahal buah ini punya banyak manfaat, seperti membantu mencegah penyakit kanker, asma, penuaan dini, batuk kronik, serta mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

 

4. Buah Buni

5 Buah Lokal Indonesia yang Langka
via khasiat.co.id

Dulu, buah buni ini merupakan salah satu buah yang sering digunakan dalam rujak ulek. Tapi seiring waktu, buah ini makin langka dan jarang dijumpai di pedagang rujak ulek. Kalau kita makan, buah buni ini rasanya manis dan sedikit asam.

Meski ukurannya kecil, buah ini besar manfaatnya. Selain dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengonsumsi buah buni dengan teratur juga dapat melancarkan pencernaan, mencegah hipertensi, dan menambah darah.

 

5. Buah Gowok

5 Buah Lokal Indonesia yang Langka
via biodiversitywarriors.org

Nama lain buah gowok adalah buah kupa. Buah ini bentuknya bulat seperti terong hijau atau manggis tapi lebih gepeng. Kulitnya kaku. Buah gowok muda berwarna hijau dan ketika matang akan berubah menjadi merah atau ungu kehitaman.

Coba deh buka kulitnya. Kamu akan menemukan daging buah berwarna putih yang rasanya asam manis sepat. Buah gowok dipercaya dapat membantu mengobati gatal-gatal atau kudis, diabetes, penawar mabuk alkohol, serta berfungsi mengurangi penuaan.

 

Kalau kamu masih bisa melihat atau mencicipi buah-buah lokal Indonesia di atas berbahagialah kamu. Soalnya tidak sedikit orang yang merasa rindu dan ingin kembali mencoba buah-buahan yang sudah lama tidak mereka makan.


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply