7 Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kaum muda urban di seluruh dunia. Selain memudahkan transaksi, penggunaan kartu kredit juga jadi semacam simbol status. Sayangnya, banyak yang belum terlalu paham dengan fitur-fitur kartu kredit. Alhasil, kartu kredit yang seharusnya membuat hidup jadi lebih mudah justru menambah masalah baru. Salah satunya belitan hutang.

Supaya kamu tidak ikut tersandung masalah yang disebabkan kartu kredit, serta dapat lebih memaksimalkan penggunaannya, mari simak tips-tips berikut ini:

 

1. Dapatkan Penawaran Terbaik Saat Membuka Kartu Kredit

menggunakan kartu kredit
Pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu

Semua bank berlomba-lomba untuk menggaet pengguna baru kartu kredit. Salah satu taktiknya adalah dengan menawarkan berbagai hadiah dan promo. Kalau kamu belum punya kartu kredit atau ingin punya kartu kredit lain, pelajari dengan seksama penawaran dari tiap kartu kredit.

Membuka pada momen dan kesempatan yang tepat dapat berganjar hadiah yang menarik. Mulai dari jam bermerek sampai voucher tiket pesawat bisa kamu dapatkan. Beberapa bank bahkan memberikan promo kredit nol persen untuk jangka waktu tertentu. Bagi kamu yang ingin melakukan pembelian besar tapi terbentur dana, tentu promo yang tepat akan sangat membantu.

 

2. Pelajari Syarat dan Ketentuan dengan Cermat

menggunakan kartu kredit
Cermati syarat dan ketentuan kartu kreditmu

Sebelum memutuskan membuka kartu kredit, pelajari baik-baik syarat dan ketentuannya. Jangan sampai gara-gara kebelet ingin punya kartu kredit kamu tidak tahu kewajiban yang harus kamu penuhi. Salah-salah, seperti sudah disebutkan di atas, kamu bisa terbelit hutang. Sebagai panduan, beberapa komponen yang perlu kamu cermati seperti:

  • Biaya tahunan

Berapa biaya tahunan yang harus kamu bayarkan? Apakah kamu sanggup membayarnya? Kalau tidak, carilah kartu kredit yang memenuhi standar biayamu, walau ada sisi minusnya juga. Kartu kredit dengan biaya tahunan besar biasanya menawarkan fitur-fitur menguntungkan seperti asuransi dan poin berhadiah.

  • Bunga & jangka waktu pelunasan

Ketahui berapa bunga yang harus kamu bayarkan serta jangka waktu untuk melunasinya. Jangan sampai kamu kaget sendiri mengetahui hutangmu kian menggunung. Selain itu, mengetahui kedua hal ini juga dapat membantumu lebih disiplin dalam mengatur keuangan.

  • Fitur-fitur tambahan

Seringkali bank memberikan fitur yang sepintas nampak sepele, seperti perlindungan pembelian atau asuransi tambahan, tapi karena kamu malas membaca jadinya tidak tahu. Sayang sekali kalau sesuatu yang harusnya menjadi hakmu hilang begitu saja.

 

3. Pelajari Kebiasaanmu Belanja

menggunakan kartu kredit
Apakah diskon kartu kredit membuatmu kalap belanja?

Apakah kamu tipe orang yang dituntut sering bertemu klien di restoran atau kafe? Dapatkah kamu menahan diri menghindari pembelanjaan tidak perlu saat melihat iklan diskon kartu kredit? Atau kamu tipe orang yang menggunakan kartu kredit hanya untuk saat-saat tertentu?

Setiap orang memiliki kebiasaan dan kebutuhannya masing-masing. Bagi seorang pengusaha yang harus sering menjamu klien dan melakukan business meeting di tempat makan, kartu kredit yang memberikan banyak diskon untuk restoran dan kafe ternama tentu sangat menguntungkan.

Lain halnya jika kamu adalah seorang profesional muda yang tergolong gila belanja. Supaya tidak kalap saat belanja, lebih kamu pertimbangkan ulang niat untuk membuat kartu kredit. Dengan begitu kamu tidak tergoda membeli barang yang tidak perlu, hanya karena barang tersebut memberikan potongan harga untuk kartu kredit tertentu.

 

4. Lunasi Pembayaran Minimal

menggunakan kartu kredit
Hindari menunggak pelunasan kartu kredit

Fitur utama kartu kredit adalah memudahkan seseorang membeli barang apapun dengan sistem kredit, walaupun barang tersebut tidak dijual secara kredit. Karena kamu membeli barang secara kredit, itu artinya kamu wajib membayar cicilan pembelanjaanmu tersebut tiap bulan. Kalau kamu lupa atau tidak bijak mengatur keuangan, ya siap-siap terbelit hutang dan diburu penagih hutang.

 

5. Gunakan Kartu yang Tepat di Negara Asing

menggunakan kartu kredit
Belanja di luar negeri dengan kartu kredit sah-sah saja

Beberapa kartu kredit ada yang memberikan fitur lebih bagi mereka yang sering bepergian ke luar negeri. Jadi jika kamu sedang di luar negeri dan ingin berbelanja menggunakan kartu kredit, periksa biaya transaksi luar negerinya. Kalau besar, sebaiknya urungkan untuk belanja. Kalau kamu memiliki beberapa kartu kredit, gunakan yang paling kecil biaya transaksinya.

 

6. Hindari Penarikan Uang Tunai

menggunakan kartu kredit
Penarikan uang tunai dengan kartu kredit bunganya besar lho

Usahakan membawa uang yang cukup setiap kali kamu berbelanja di tempat yang tidak menerima kartu kredit. Sebab kalau kamu terpaksa menarik uang tunai dari kartu kredit, bunga dan biaya yang dikenakan bank cukup besar.

 

7. Kelola Pembelanjaanmu

menggunakan kartu kredit
Ayo kelola keuangan dengan bijak

Perilaku bijak menggunakan kartu kredit berpulang kepada caramu mengelola keuangan. Jika kamu sudah mengatur keuangan dengan baik, tentu pembelian lewat kartu kredit yang kamu lakukan bukanlah pembelian yang impulsif. Pembelian itu pasti sudah kamu pikirkan secara matang dan relatif menguntungkan dibanding membeli secara tunai.


 

Leave a Reply