5 Kota Indonesia dengan Coworking Space Asyik untuk Kolaborasi Ide

Seiring berkembangnya dunia digital, aktivitas bisnis jadi lebih fleksibel. Komunikasi tidak mengharuskan tatap muka langsung di ruangan kantor. Semua bisa dilakukan via aplikasi perpesanan seperti WhatsApp atau Line.

Kondisi tersebut, ditambah semakin menjamurnya perusahaan-perusahaan rintisan atau startup yang karyawannya di bawah 10 orang, memunculkan peluang bisnis baru ruang kerja bersama. Ruang kerja bersama atau dalam bahasa Inggrisnya disebut coworking space menyediakan berbagai keperluan kerja individu atau sekelompok kecil orang untuk bulanan atau harian.

Inilah beberapa contoh coworking space yang bisa kamu temukan di kota tempatmu tinggal.

 

1. Workout (Jakarta)

via workout.id

Sempat menempati kawasan Gelora Bung Karno Sports Complex, Workout pindah ke daerah Panglima Polim, Jakarta Selatan. Coworking space ini menawarkan semua bentuk ruangan kerja, mulai dari ruangan untuk rapat, ruangan kerja privat, hingga aula kecil untuk lokakarya atau pemutaran film. Fasilitas yang pengguna bisa dapatkan antara lain internet kecepatan tinggi, loker untuk menyimpan barang, air minum, pancuran air panas, gim, hingga ruang khusus untuk merokok.

Workout buka dari hari Senin sampai Jumat dengan waktu operasional dari jam 09.00 sampai 17.00

 

2. Code Margonda (Depok)

via codemargonda.com

Di daerah penyangga ibu kota, Depok, juga punya coworking space yang bisa jadi alternatif. Jadi bagi kamu entrepreneur muda asal Depok dan sekitarnya yang malas dan merasa kejauhan kumpul-kumpul ke Jakarta, kamu bisa kongkow di coworking space ini. Namanya Code Margonda.

Code Margonda memiliki ruangan berkapasitas 35 orang, satu ruangan pertemuan, dan ruang diskusi. Menariknya, karena ingin menjadi tempat kolaborasi komunitas, Code Margonda membebaskan biaya bagi organisasi nirlaba. Tapi kalau perusahaan startup atau pekerja lepas (freelance) tetap berbayar.

Karena semangat kolaborasinya itulah tahun 2016 kemarin, coworking space yang berada di Jalan Margonda Raya No.349 Depok ini mendapat penghargaan dari Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Barat. Keren ya…

Code Margonda buka setiap hari, dari pukul 08.00 sampai 22.00

 

3. Bandung Digital Valley (Bandung)

via bandungdigitalvalley.com

Bandung Digital Valley atau disingkat BDV merupakan coworking space dan inkubator bisnis yang dibuat oleh PT. Telkom Indonesia. Berbeda dengan dua coworking space yang sudah disebutkan di atas, BDV tidak mengenakan tarif untuk memakai coworking space-nya. Hanya memang tidak sembarang orang yang diizinkan menggunakan fasilitas coworking space di BDV. Fasilitas ini hanya diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan startup yang lolos seleksi.

Yah, berarti sama sekali tertutup bagi khalayak umum? Enggak begitu juga. Kalau kamu punya komunitas dan ingin memakai ruangan di BDV, boleh-boleh saja. Tinggal isi formulir permohonan kegiatan di situs webnya. Kalau disetujui, silakan bawa deh rombongan komunitasmu ke sana.

Bandung Digital Valley terletak di Menara R&D PT. Telkom Bandung, Jalan Gegerkalong Hilir No. 47. Oh iya, selain di Bandung, PT. Telkom juga membuat Digital Valley semacam ini di Jakarta dan Jogjakarta.

 

4. Maliome Hackerspace (Yogyakarta)

via twitter.com/maliome

Maliome Hackerspace merupakan coworking space yang berada di Jalan Kyai Mojo, Tegalrejo, Jogjakarta. Maliome berada di gedung dua lantai. Lantai pertama merupakan tempat berkumpul orang banyak sedangkan lantai kedua merupakan kantor beberapa startup seperti Ngonoo, IndoCPA, Mobiggr, dan beberapa startup lainnya.

Kalau kamu main-main ke sini, fasilitasnya cukup lengkap. Selain koneksi internet yang kencang, kamu juga ngobrolin ide sambil main Xbox atau biliar. Selain itu juga ada acara diskusi mingguan bersama orang yang sudah sukses di bidang teknologi dan startup.

Maliome Hackerspace buka dari Senin sampai Sabtu, dari jam 10 pagi sampai 9 malam.

5. Hubud (Ubud, Bali)

via hubud.org

Sebenarnya coworking space Hubud yang terletak di Ubud, Bali ini tidak berbeda dengan coworking space lainnya. Hubud menyediakan ruang pertemuan yang kapasitasnya mulai dari 6 orang hingga ruang utama yang mampu menampung 35-50 orang. Cuma karena bangunannya yang unik yang didominasi material bambu dan kayu serta suasana yang terbuka membuat kerja di Hubud tidak ubahnya liburan.

Pada hari kerja, Senin sampai Jumat, Hubud bukan 24 jam penuh. Sementara pada akhir pekan, Hubud buka dari jam 9 pagi sampai 5 subuh.

Leave a Reply