9 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Saat Butuh “Me Time”

Untuk segala sesuatu ada waktunya. Ada waktu untuk jungkir balik memenuhi target, menjawab permintaan klien, mendengar curhatan teman, melaksanakan segala rutinitas harian. Ada waktunya juga kamu mendengarkan permintaan tubuh dan diri untuk rehat sejenak, menyediakan ruang dan waktu untuk sendiri. Bahasa kerennya, Me Time.

Terlebih di masa seperti sekarang, di mana semua hal menuntut untuk diperhatikan. Riuh ramai media sosial, pemberitaan, hingga keadaan jalan harus diseimbangkan dengan Me Time. Kalau tidak, nanti kewarasanmu yang jadi korbannya. Enggak mau kan? Makanya sediakan Me Time yang bisa kamu lakukan dengan mengerjakan hal-hal seperti ini.

 

1. Bebaskan dirimu dari segala pikiran

Bagaimana Cara “Me Time” untuk Meningkatkan Kualitas Hidup?
Seharian di salon via beautifulwithbrains.com

Sewaktu menjalankan “ibadah” Me Time, coba deh enggak memikirkan hal-hal lain selain dirimu saat ini. Fokuskan pikiran dengan hal-hal yang kamu mau dan suka lakukan. You deserve Me Time and enjoy it. Mau gila-gilaan (dengan catatan kamu enggak menyesalinya di kemudian hari), boleh! Mau pergi ke salon seharian mendapatkan semua perawatan yang kamu jarang dapatkan pun boleh.

 

2. Matikan gawaimu

Bagaimana Cara “Me Time” untuk Meningkatkan Kualitas Hidup?
Matikan internet sesekali via improgrammer.net

 

Hidup di era digital sekarang memang amat memudahkan. Lapar, tinggal pesan makanan pakai jasa antar makanan. Mau ketawa-ketiwi, tonton saja kelakukan idola di Youtube atau lihat meme-meme jayus. Namun seringkali gara-gara keasyikan kita jadi lupa diri.

Salah satu cara Me Time yang efektif untuk meningkatkan kualitas hidup adalah dengan mematikan gawai selama kamu melakukan “ibadah” Me Time. Percaya deh, kamu tetap bisa membaca notifikasi-notifikasi di kemudian waktu. Enggak usah takut ketinggalan info.

 

3. Baca buku

Bagaimana Cara “Me Time” untuk Meningkatkan Kualitas Hidup?
Membaca buku via lifehack.org

Buku, khususnya buku fiksi, bisa mengantar kita ke alam lain yang jauh berbeda dengan kenyataan yang kamu alami sehari-hari. Cocok sekali sebagai sarana eskapisme. Tinggal kamu pilih mau baca buku yang terbuat dari kertas dan tinta atau yang formatnya digital alias e-book.

 

4. Tidur

Bagaimana Cara “Me Time” untuk Meningkatkan Kualitas Hidup?
Tidur dapat membantu memulihkan emosi dan tenaga kamu via fitnessmagazine.com

Karena keasyikan beraktivitas dan bekerja, seringkali kita jadi kurang tidur. Padahal tidur itu salah satu hal penting dalam kehidupan lho. Kurang tidur dapat mengakibatkan stres, mengganggu koordinasi tubuh, dan rentan terserang penyakit. Serem kan? Makanya kalau tubuh sudah lelah atau bingung mau menjalankan “ibadah” Me Time yang seperti apa, bawa tidur saja.

 

5. Menulis

Bagaimana Cara “Me Time” untuk Meningkatkan Kualitas Hidup?
Menulis untuk mengekpresikan ide dan unek-unek kamu via huffingtonpost.com

Setiap orang mempunyai banyak hal tersimpan di pikirannya. Menulis dapat membantu kamu untuk mengurangi beban pikiran dan bisa melampiaskan perasaan kamu melalui kata-kata seperti sedang berkomunikasi dengan diri sendiri. Bukan cuma itu, dengan menulis kamu bisa jadi lebih kreatif dalam menuangkan ide-ide di kepala dalam bentuk tulisan.

 

6. Asah bakatmu

Bagaimana Cara “Me Time” untuk Meningkatkan Kualitas Hidup?
Belajar fotografi via teknologi.metrotvnews.com

Mungkin kamu mempunyai hobi yang sudah lama tidak kamu lakukan, seperti memainkan gitarmu dan bernyanyi sesuka hatimu, melukis, fotografi atau membuat suatu kreatifitas D.I.Y yang unik. Lakukan apa saja yang kamu suka dan asah kembali bakatmu yang terpendam.

 

8. Menyatu dengan alam

Bagaimana Cara “Me Time” untuk Meningkatkan Kualitas Hidup?
Yoga di alam terbuka via lembahspa.com

Salah satu “ibadah” Me Time yang bisa kamu lakukan juga adalah main-main ke alam. Ungkapan noraknya, “you need some vitamin sea”. Enggak harus ke laut, jalan-jalan ke taman dekat rumah atau kantor juga cukup kok. Yang penting mata kamu bisa melihat yang hijau-hijau sehingga pikiran jadi tenang dan rileks. Mau lebih urban lagi? Coba deh melakukan yoga di alam terbuka.

 

9. Mendekatkan diri dengan Sang Pencipta

 

Bagaimana Cara “Me Time” untuk Meningkatkan Kualitas Hidup?
Berdoa. Make peace with yourself via duduul.com

Aktivitas ini sebenarnya dapat kamu lakukan setiap saat. Sebagai pembedaan, saat melakukan ibadah “Me Time” ketimbang minta ini itu, coba deh kamu perbanyak bersyukur. Hitung apa saja berkat yang sudah dianugerahkan Sang Pencipta untuk dirimu.


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply