4 Bahan Makanan Mengandung Karbohidrat Sehat Pengganti Nasi Putih

karbohidrat kompleks

Orang Indonesia kebanyakan punya anggapan kalau tidak makan nasi putih, ya tidak makan. Praktik yang sudah jadi kebiasaan ini agak menyulitkan orang yang sedang mengatur pola makan tertentu. Orang-orang yang sedang menjalani diet besar kemungkinan akan menghindari nasi putih.

Pertanyaan yang muncul kemudian, kalau tidak makan nasi, bagaimana menjaga tubuh agar tetap berenergi? Well, kamu bisa mencari pengganti zat karbohidrat yang ada dalam nasi dengan bahan makanan lain.

Sekilas mengenai karbohidrat, zat pemberi energi ini terdiri dari tiga komponen: gula, pati, dan serat. Karbohidrat juga terbagi menjadi dua jenis, karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

 

Karbohidrat sederhana & karbohidrat kompleks

Karbohidrat sederhana unsur dominannya adalah gula. Semua makanan-minuman manis yang mengandung gula seperti gula mentah, gula merah, gula jagung, gula buah (fruktosa), glukosa, hingga gula susu (laktosa) merupakan karbohidrat sederhana.

Karbohidrat kompleks juga mengandung gula, tapi unsur yang lebih dominan adalah pati dan serat. Karena unsur yang dominan adalah serat dan pati, maka proses dicerna tubuh jadi lebih lambat dan lebih mengenyangkan.

Sebelum diolah menjadi nasi putih, padi sebenarnya tergolong ke dalam bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Hanya ketika sudah melewati proses pengolahan, banyak serat dan pati yang tanggal, sehingga menyebabkan unsur gula jadi dominan.

Jadi bagi kamu yang sedang menghindari nasi putih, tapi tetap ingin memberi asupan karbohidrat khususnya karbohidrat kompleks bagi tubuh, kamu bisa mencoba beberapa bahan makanan berikut ini.

 

Biji-bijian

Seperti sudah disebutkan di atas, biji-bijian dan termasuk padi-padian, merupakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Biji-bijian dan padi-padian banyak mengandung serat, posatium, magnesium, dan selenium. Sewaktu mengonsumsi, usahakan memilih biji-bijian yang tidak mengalami proses pengolahan. Yang baik untuk dikonsumsi misalnya, beras merah, biji gandum (quinoa), soba (buckwheat), serta produk-produk whole-wheat seperti pasta dan roti.

karbohidrat kompleks
Harimu akan lebih sehat jika dimulai dengan overnight oats   

 

Buah-buahan kaya serat

Hindari mengonsumsi buah kalengan karena biasanya mengandung sirup gula. Karena itu pilihlah buah-buahan segar yang kaya karbohidrat seperti apel, beri-berian dan pisang.

karbohidrat kompleks
Pisang dan yoghurt bisa menjadi menu sarapan kaya nutrisi untuk sumber energimu di pagi hari

 

Sayur-sayuran kaya serat

Konsumsi lebih banyak sayur-sayuran yang kaya serat dan karbohidrat seperti brokoli, kembang kol, sayuran hijau dan wortel. Kini, sudah banyak resep yang dapat kita temukan di internet untuk membuat sayuran menjadi pengganti nasi putih yang lezat dan menyehatkan.

karbohidrat kompleks
Kembang kol bisa menjadi pengganti kentang tumbuk yang tidak kalah enak dan menyehatkan lho!

 

Kacang-kacangan

Selain mengandung serat, kacang-kacangan merupakan bahan makanan yang kaya akan folat, zat besi, dan potasium. Kacang-kacangan juga mengenyangkan serta lezat apabila digunakan sebagai pengganti nasi putih.

karbohidrat kompleks
Kacang merah dengan ayam dan sayuran sudah menjadi menu lengkap yang sehat dan seimbang

 

Selain memberi energi bagi tubuh, karbohidrat kompleks juga mengandung banyak nutrisi ketimbang karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks dipercaya dapat menunjang kelancaran kerja usus dan ekskresi, mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh, dan bagi penderita diabetes tipe-2, dapat mengendalikan lonjakan kadar gula darah sehabis makan.


 

Leave a Reply