Bukan Hanya Ranah Pakar Komputer, 6 Artis Ini Juga Terjun ke Bisnis Startup

Dunia startup yang identik dengan teknologi canggih bukan cuma ranah para pakar komputer dan pemrogram saja. Beberapa artis, baik lokal maupun internasional ikut tertarik terjun dalam bisnis ini. Caranya dengan membangun perusahaan ataupun berinvestasi ke perusahaan startup tertentu yang menurut mereka potensial. Penasaran siapa saja para artis yang terjun ke bisnis startup? Berikut ini contohnya.

 

1. Christian Sugiono

6 Artis yang Sukses di Startup
Christian Sugiono via finansialku.com

Selain menjadi model dan membintangi sejumlah film seperti Jomblo dan Catatan Akhir Sekolah, Christian Sugiono juga ikut terjun dalam bisnis startup. Malahan, artis lulusan teknik informasi dari Technische Universitat Hamburg, Jerman ini sudah lebih dulu menekuni bisnis startup sebelum terkenal sebagai pesohor dunia hiburan.

Dua startup yang ia kembangkan adalah Malesbanget dan Setipe. Malesbanget atau biasa disingkat MBDC merupakan media daring yang berisikan konten-konten hiburan dan humor. Sedangkan Setipe adalah situs web pencarian jodoh yang menggabungkan teknologi dengan ilmu psikologi.

 

2. Dennis Adhiswara

Dennis Adhiswara
Dennis Adhiswara via maxmanroe.com

Dennis Adhiswara selain menjadi seorang aktor, produser, dan sutradara, juga merupakan pengusaha muda di bidang startup. Ia membuat situs web bernama Layaria sebagai wadah kreator video di Indonesia. Dalam penjelasan di webnya, Layaria yang merupakan mitra resmi Youtube menyediakan studio, program konsultasi, hingga mampu membantu kreator mendapatkan sponsor untuk terus berkarya.

 

3. Giring Nidji

6 Artis yang Sukses di Startup
Giring Nidji via vemale.com

Giring Ganesha Djumaryo atau yang terkenal dengan Giring vokalis band Nidji juga terjun di bisnis startup. Pada tahun 2013, ia meluncurkan Kincir yang bertujuan memfasilitasi penggemar musik dengan idolanya melalui dunia maya. Para fan dapat mencari informasi terbaru dari idolanya dan menjalin komunikasi dengan mereka dengan adanya menu live chat. Selain itu pengguna juga dapat mengakses berita-berita lainnya dari dunia hiburan.

Dalam pemberitaan di Detik, menurut co-founder Kincir, Danny Oei, nama Kincir dipakai karena ingin seperti kincir yang terus berputar.

 

4. Jessica Alba

6 Artis yang Sukses di Startup
Jessica Alba memamerkan produk The Honest Co via gannett-cdn.com

Dari dunia perfilman Hollywood, salah satu artis yang terjun ke bisnis startup adalah Jessica Alba. Aktris yang membintangi sejumlah film di antaranya, Sin City, Fantastic Four, dan Machete ini menjadi co-founder startup bernama The Honest Company.

Ide awal startup ini bermula ketika Jessica Alba khawatir soal perlindungan anaknya dari zat beracun. Karena itu The Honest Company menyediakan barang-barang perlengkapan anak dan keluarga yang aman dan bebas racun. Barang-barang seperti popok, deterjen, produk perawatan diri, hingga vitamin tersebut terbuat dari bahan organik yang ramah lingkungan.

 

5. Tom Hanks

Ashton Kutcher (A Plus) https://angel.co/aplusk
Aplikasi Hanx Writer via gazze

Tom Hanks tidak hanya jago berakting, tapi juga mampu membuat aplikasi smartphone. Aplikasi yang ia buat bekerjasama dengan perusahaan teknologi, Hitcents, itu diberi nama Hanx Writer.

Hanx Writer merupakan aplikasi yang menirukan kerja mesin tik. Mulai dari tampilan yang kuno dan bunyi mesin tik yang tombol-tombolnya sulit ditekan hingga bunyi “ting” yang terdengar jika sudah berada di ujung kertas. Hanya saja menyesuaikan dengan perkembangan zaman, mesin tik itu sekarang pindah ke iPad atau iPhone. Hanx Writer memang baru tersedia di App Store.

 

6. Ashton Kutcher

6 Artis yang Sukses di Startup
Ashton Kutcher via Forbes Twitter

Aktor ganteng yang pernah membintangi The Butterfly Effect dan Jobs serta jadi presenter MTV Punk’d ini banyak terlibat di dunia teknologi. Ashton Kutcher merupakan pemilik sekaligus pemodal ventura untuk berbagai startup. Sebagai pemodal ventura ia menanamkan uang untuk Airbnb, Spotify, Skype, Soundcloud, Flipboard, dan lainnya.

Sementara startup yang ia miliki bernama Aplus. Perusahaan startup yang berdiri tahun 2014 silam ini bergerak di bidang media online. Bedanya dengan perusahaan media lain, fokus Aplus adalah pada jurnalisme positif, yakni berita-berita yang memiliki muatan inspirasi dan mampu menggerakkan orang untuk berbuat kebaikan.


 

Leave a Reply