5 Buku yang Patut Para Entrepreneur Pemula Baca

Buku adalah gudang ilmu. Pepatah ini berlaku untuk semua bidang, termasuk juga untuk menjadi bidang kewirausahaan. Bagi para entrepreneur pemula yang bingung atau ingin meningkatkan kemampuan entrepreneurship-nya, bisa menjadikan buku-buku berikut ini menjadi panduan. Penasaran, buku-buku apa yang patut dibaca oleh para entrepreneur pemula, simak bahasannya berikut ini.

 

1. Alibaba: The House That Jack Ma Built (Dunken Clark)

Bacaan inspiratif dari Duncan Clark tentang Jack Ma via The Straits Times

Kisah hidup dan jatuh bangun Jack Ma selalu seru untuk dijadikan panduan para entrepreneur pemula. Memang tidak salah mengingat Alibaba, perusahaan e-commerce yang ia bangun, kini sudah berkembang pesat dan menjadi salah satu perusahaan top dunia.

Buku yang ditulis oleh Duncen Clark, mantan bankir yang pernah menjadi konsultan bisnis Alibaba, ini bukan cuma menceritakan narasi kesuksesan Jack Ma. Kita juga bisa membaca bagaimana Jack Ma mengatasi kekurangannya hingga pada akhirnya mendudukkannya sebagai orang terkaya nomor dua di Tiongkok. Dari buku ini para entrepreneur pemula bisa belajar bagaimana entrepreneur seharusnya melihat peluang dan mengubah kekurangan menjadi modal untuk sukses.

Buku ini bisa kalian dapatkan di sini.

 

2. Superbosses (Sydney Finkelstein)

Ingin jadi pemimpin bijak? Intip caranya di Superbosses via YouTube

Menjadi entrepreneur butuh kemampuan manajerial dan memimpin yang baik. Terlebih kalau bisnis yang digarap tidak bisa dikerjakan sendiri dan membutuhkan orang lain untuk membantu. Berarti kamu sebagai entrepreneur pemula bukan cuma harus bisa memimpin diri sendiri tapi juga orang lain. Bagaimana caranya menjadi atasan yang hangat kepada bawahan, dan tidak jadi super bos yang hobi menekan? Kamu bisa mencari jawabannya dalam buku Superbosses ini.

Sang penulis, Sydney Finkelstein, dalam bukunya ini menyebutkan pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa melihat kelebihan dan kekurangan karyawannya. Pemimpin yang baik juga harus peduli, memberikan kepercayaan, hingga membantu karyawannya menemukan ide-ide brilian. Jadi, bagi entrepreneur yang ingin atau sedang mencari cara untuk meningkatkan kualitas bawahannya, silakan baca buku ini!

Buku ini bisa kalian dapatkan di sini.

 

3. Rework (Jason Fried & David Heinemeier Hansson)

Buku yang mengajarkanmu untuk jangan Not Action, Talk Only via Quick Left

Buku ketiga yang patut para entrepreneur pemula baca adalah Rework. Terkadang ketika memulai usaha, ambisi yang menggelayuti diri begitu besar, menuntut kita untuk bekerja keras bagai kuda agar capaian itu berhasil. Apakah itu salah? Sebenarnya bisa ya, bisa tidak.

Nah lewat buku yang ditulis oleh Jason Fried dan David Heinemeier ini, para entrepreneur pemula bisa belajar untuk tidak perlu memaksakan diri mengejar ambisi. Menurut mereka, menjadi wirausahawan adalah tentang bagaimana mengatur waktu seefektif dan seproduktif mungkin guna menyelesaikan pekerjaan atau target.

Buku ini bisa kalian dapatkan di sini.

 

4. Entrepreneur, From Inspiration Become Perspiration (Jubilee Enterprise)

via sobat-buku.blogspot.co.id

Teori tentu tidak bisa selalu cocok dengan kenyataan yang terjadi di lapangan. Karena itulah para entrepreneur pemula perlu mendapatkan suntikan ilmu lebih dari sekadar teori. Caranya bisa dengan ngobrol-ngobrol bareng orang yang sudah pengalaman merintis dan mengembangkan bisnis atau bisa juga dengan membaca cerita-cerita inspiratif bagaimana pebisnis bisa bangkit dan bertahan.

Buku ini memuat cerita-cerita semacam itu. Kamu bisa membaca pengalaman entrepreneur yang ada di Indonesia dengan beragam usaha. Mulai dari pengusaha tempe penyet, kantong darah, jagung bakar, hingga sepeda gunung.

Buku ini bisa kalian dapatkan di sini.

 

5. Zero to One (Peter Thiel)

Zero to One bisa menjadi pilihan menarik untuk menciptakan bisnis dari imajinasi! via YourStory

Penulis Zero to One, Peter Thiel, mengajarkan bahwa rahasia perusahaan sukses adalah karena menciptakan hal-hal baru, bukannya meniru yang sudah ada. Ia menyebut hal tersebut seperti berpindah dari 0 ke 1, bukan dari 1 ke sembarang angka lain (n).

Karena itu dalam buku ini ia menggugah para calon entrepreneur ke depannya, yang tergila-gila pada Bill Gates, Sergey Brin atau Steve Jobs, untuk tak membuat hal seperti para pendahulunya tersebut. Ia ingin agar mereka menciptakan hal yang baru dan berbeda. Kemajuan bisa dicapai dalam semua bidang industri dan bisnis. Syaratnya, pemimpin harus mampu berpikir untuk diri sendiri.

Buku ini bisa kalian dapatkan di sini.

 

Sesudah belajar dari buku, kalian juga bisa mengasah jiwa kewirausahaan dari film.


 

Leave a Reply