5 Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan di Kantor

Merasa honor yang diterima di tempat kerja tak mencukupi kebutuhan sehari-hari? Atau punya banyak waktu luang karena pekerjaan sering sudah selesai jauh sebelum jam pulang kantor?

Kalau itu terjadi padamu, sebaiknya coba ide-ide usaha sampingan yang bisa dilakukan di kantor ini. Siapa tahu selain bisa mengisi waktu kosong di kantor juga bisa menambah isi dompet.

 

1. Bisnis Online

Banyaknya pilihan aplikasi media sosial membuat tren berbisnis konsep lama berjualan di toko atau pasar beralih ke konsep baru menjajakan dagangan di akun media sosial. Gratis (karena tidak perlu sewa tempat) dan bisa diakses kapanpun dimanapun.

Kesempatan ini terbuka banget bagi kamu pekerja kantoran. Di sela-sela waktu bekerja, kamu bisa memanfaatkan akun media sosial, fasilitas komputer, hingga internet super kencang untuk melakukan usaha sampingan ini. Misalnya bikin usaha online shop fashion yang menjual sepatu, pakaian, tas, sampai hijab.

 

| Baca juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memulai Usaha Online

 

2. Penulis Lepas

Kalau kamu punya hobi menulis, kegiatan yang satu ini juga bisa kamu jadikan usaha sampingan setelah tugas-tugas kantor selesai.  Apalagi pekerja kantoran sekarang relatif sudah difasilitasi gawai, entah itu laptop atau smartphone. Fasilitas ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat tulisan. Bisa menulis opini untuk surat kabar, menerima pesanan tulisan untuk situs web teman, atau mengirimkan cerita pendek ke situs sastra.

 

3. Desainer grafis atau ilustrator

Piawai menggambar, mendesain, atau menggunakan software grafis? Kamu bisa memanfaatkan skill tersebut untuk jadi usaha sampingan di kantor. Misalnya menerima pesanan gambar wajah teman lulus wisuda atau pasangan yang akan menikah. Ilustrasi wajah seperti itu sedang jadi tren kado atau hadiah.

 

4. Buzzer atau admin media sosial

Menjadi buzzer dan admin media sosial sepertinya juga pilihan usaha sampingan yang menjanjikan. Pekerjaan ini tidak terlalu menuntut banyak pikiran atau tenaga. Klien biasanya sudah menentukan waktu untuk membuat postingan dan kamu bisa memanfaatkan aplikasi tertentu untuk menjadwal postingan.

 

5. Pemburu kuis di media sosial

Usaha sampingan yang terakhir ini agaknya enggak bisa dibilang usah juga. Namanya kuis, jadi tergantung keberuntungan. Kadang dapat hadiah besar, lebih sering lagi tidak dapat. Memang jadi pemburu kuis tidak dijanjikan kepastian. Tapi tidak ada salahnya mengisi waktu luang dengan ikutan kuis. Siapa tahu bisa dapat hadiah smartphone baru atau seenggaknya dapat tiket nonton gratis di bioskop.

 

Itulah beberapa ide usaha sampingan yang bisa kamu lakukan di kantor. Sebelum mengerjakan, pastikan pekerjaan di kantor sudah selesai ya. Jadi tidak dimarahi atasan atau dituduh makan gaji buta.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply