4 Pilihan Rencana Investasi Tepat untuk Anak Muda

investasi untuk anak muda

Work hard, play hard. Barangkali kamu salah satu orang yang sepakat dengan moto tersebut. Sebagai profesional muda yang berjuang mendapatkan penghasilan sendiri, tentu tidak ada salahnya bersenang-senang dan menikmati hidup.

Tapi alangkah bijaksananya kalau kamu juga sudah mulai menyiapkan masa depan. Misalnya dengan mulai mempertimbangkan untuk berinvestasi. Kalau masih bingung menentukan tujuan investasi, coba simak beberapa pilihan investasi untuk anak muda berikut.

 

Properti

Para penasihat keuangan amat menganjurkan investasi di bidang properti. Hal ini bukannya tanpa alasan. Bukankah rumah atau papan atau tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer manusia?

investasi untuk anak muda

Untuk memulai, pastikan properti yang akan kamu beli berada dalam keadaan yang baik. Properti yang dibeli dalam keadaan tidak baik akan menghabiskan banyak dana untuk perbaikan. Selanjutnya cermati semua dokumen kepemilikan properti dengan baik. Pastikan semua sertifikasi sudah sah sesuai hukum dan tidak akan merugikan kita di kemudian hari.

Langkah berikutnya adalah membeli properti tersebut. Tidak punya cukup uang? Tidak usah khawatir. Berbagai kemudahan finansial untuk membeli rumah saat ini sebenarnya memudahkan anak muda untuk memiliki rumah. Carilah program kepemilikan rumah yang nyaman dan sesuai dengan kemampuan.

Salah satu yang bisa kamu coba adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Program ini menawarkan kredit rumah bagi mereka yang kemampuan keuangannya terbatas. Jenis program kepemilikan rumah ini juga memiliki suku bunga tetap, sehingga tidak akan ada pengeluaran lebih di luar perencanaan awal. Dengan program kredit jangka panjang dan terjangkau, anak muda yang baru bekerja dapat mengatur keuangan mereka dengan lebih mudah.

 

Asuransi

Asuransi merupakan salah satu instrumen investasi tertua dan paling umum di dunia. Seiring makin beragamnya aktivitas manusia, asuransi saat ini juga punya banyak produk. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, pendidikan anak, dan lain sebagainya.

Dari sekian produk asuransi, yang wajib anak muda miliki adalah asuransi kesehatan. Usia muda enggak jadi jaminan penyakit dan bencana tidak akan datang. Dengan asuransi kesehatan, kita tidak harus merogoh kocek dan menghabiskan tabungan untuk masa depan kita jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Malahan, asuransi sekarang bukan cuma menawarkan proteksi tapi juga investasi. Tinggal kamu rajin dan teliti mempelajari jenis produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

 

Reksadana

investasi untuk anak muda

Pernah dengar mengenai reksadana? Reksadana merupakan salah satu pilihan tepat investasi jangka pendek bagi anak muda. Produk investasi ini memang menawarkan banyak kemudahan.

Mulai dari modal, reksadana tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan 100 ribu per bulan, kamu sudah bisa mulai berinvestasi. Selain itu risiko keuangannya pun tergolong kecil. Kamu tidak perlu tahu mendalam mengenai investasi dan bisnis, karena sudah ada perusahaan Reksadana yang mengelola dana yang kamu investasikan.

Asyiknya lagi, semua kegiatan bisa kamu lakukan via daring, mulai dari pengalihan investasi, mengecek, hingga memasukkan dana. Bisa dibilang investasi ini benar-benar ramah bagi orang awam.

 

Investasi Hari Tua

Salah satu kesalahan terbesar dari anak muda usia produktif adalah tidak menyiapkan tabungan untuk hari tua. Padahal menyiapkan hari tua sebaiknya justru dimulai sejak kita masih muda.

Untuk itu ada baiknya kamu mulai mencari tahu soal program dana pensiun. Saat ini sudah banyak perusahaan keuangan yang memiliki program ini, tentu dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Secara umum program dana pensiun mengelola sejumlah dana yang harus kita setor secara berkala. Nantinya, dana ini akan diberikan kembali kepada kita. Bisa langsung sekaligus ataupun disetorkan tiap bulan, sesuai dengan kebutuhan dan pilihan kita.

Investasi hari tua yang paling menarik tentu saja adalah bisnis. Dengan bisnis, pemasukan kita tidak akan dibatasi dengan usia pensiun. Namun satu hal yang perlu diingat adalah, kita perlu memisahkan dana pensiun dengan dana investasi bisnis. Jangan sampai dana pensiun yang harusnya menjamin hari tua kita hilang begitu saja karena tertelan risiko bisnis yang merugi.

 

Jadi investasi apa yang mau kamu mulai hari ini? Ayo jangan sampai telat. Mumpung masih muda.


 

Leave a Reply