5 Aplikasi Keren yang Dapat Membantu Kamu Menulis

Pada era digital seperti sekarang tidak terhitung orang yang mengekspresikan dirinya di dunia maya dengan kata-kata. Saat ini memang sudah banyak wadah untuk menampung curhatan atau sekadar menulis iseng. Di samping media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau Chirpstory masih ada lagi aplikasi yang dapat membantumu dalam menulis.

Di bawah ini adalah beberapa aplikasi yang dapat kamu pakai untuk menyalurkan hobi dan mengasah bakat dalam menulis:

 

1. Wattpad

5 Aplikasi Keren yang Dapat Membantu Kamu Menulis

Wattpad merupakan aplikasi yang dibuat untuk menjadi wadah komunitas pembaca dan penulis. Setelah melakukan registrasi kamu bisa mulai menuangkan ide-ide cerita atau justru membaca cerita-cerita yang sudah dibuat orang lain. Wattpad juga punya tombol Like sehingga kamu bisa memberikan apresiasi kepada tulisan yang menurutmu menarik. Dari sisi penulis, dapat banyak Like tentu akan menambah semangat menulis.

Menariknya, banyak tulisan yang dimuat di Wattpad berlanjut menjadi buku. Penerbit-penerbit cukup sering memburu penulis-penulis populer di Wattpad. Jadi, sering-sering deh menulis di Wattpad. Siapa tahu ada penerbit yang tertarik dan berniat untuk menerbitkan karyamu.

 

2. Steller

5 Aplikasi Keren yang Dapat Membantu Kamu Menulis

Steller memberikan kesempatan setiap penggunanya untuk mengekpresikan diri melalui gambar. Berbeda dengan Instagram yang bentuknya seperti galeri foto dan video, aplikasi Steller mirip seperti PowerPoint. Kamu bisa mengunggah foto, teks, dan video membentuk cerita atau puisi yang berkesinambungan tanpa terpaku 1 foto hanya untuk satu kisah.

 

3. Medium

5 Aplikasi Keren yang Dapat Membantu Kamu Menulis

Everyone’s stories and ideas. Anywhere, anytime. Kata-kata tersebut merupakan tagline aplikasi Medium. Aplikasi ini dibuat oleh Evan Williams yang sebelumnya sukses mengembangkan Blogger dan Twitter.

Karena itu Medium terlihat seperti halaman Blogger yang saling terintegrasi dengan tagar seperti di Twitter. Kamu bisa memilih tulisan berdasarkan topik, penulis, atau tagar tertentu. Dengan adanya fitur ini, maka memudahkan pencarian tulisan yang sesuai selera. Fitur lain yang mirip dengan Twitter, bila kamu menyukai tulisan penulis tertentu kamu bisa mem-follow sang penulis.

Medium juga punya fitur yang memuat keterangan estimasi waktu untuk membaca suatu tulisan. Jadi pembaca dapat memperkirakan bahwa ia punya cukup waktu untuk membacanya sekarang atau menandainya untuk dibaca lain kali.

 

4. Lettrs 

5 Aplikasi Keren yang Dapat Membantu Kamu Menulis

Aplikasi menulis lainnya yang dapat kamu unduh di gawai adalah Lettrs. Konsep aplikasi ini seperti menulis surat. Bukan e-mail lho ya, tapi surat.

Setelah mendaftar kamu bisa memilih background yang pas dengan isi suratmu. Lalu mulailah menuliskan isi suratmu. Sesudah selesai kamu bebas menyimpan surat itu untuk dirimu sendiri atau mengirimkannya ke pengguna Lettrs lainnya.

Aplikasi ini menyediakan elemen menulis seperti tipe huruf, tema, perangko, dan tanda tangan. Selain itu, tersedia juga fasilitas untuk mencari sahabat pena dan menerjemahkan surat ke 80 bahasa berbeda. Canggih kan?

 

5. Werdsmith 

5 Aplikasi Keren yang Dapat Membantu Kamu Menulis

Werdsmith adalah aplikasi menulis buatan Nathan Tesler. Tampilannya terlihat seperti aplikasi pencatat biasa. Meski begitu Werdsmith punya fitur-fitur seru yang dapat memacumu untuk tekun menulis. Misalnya opsi Project. Ketika memilih opsi ini, kamu harus menentukan target kata yang ingin kamu tulis. Nantinya sewaktu menulis, akan muncul angka untuk menunjukkan apakah kamu sudah mencapai target tersebut atau tidak. Werdsmith juga menyediakan ide tulisan untuk membantu penulis ketika sedang buntu ide.

Minusnya, Werdsmith hanya bisa dipakai di gawai buatan Apple seperti iPhone dan iPad. Jadi bagi kamu pengguna Android harus mencari alternatif aplikasi menulis yang lain.

 

Nah, dari beberapa aplikasi menulis di atas, kira-kira aplikasi mana yang menurutmu menarik? Semoga aplikasi tersebut benar-benar membantumu tekun menulis. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply