3 Meditasi Sederhana yang Praktis untuk Hilangkan Stres

Hidup di kota dengan tingkat polusi yang mencemaskan seperti Jakarta membuat tubuh kita rentan terhadap radikal bebas. Belum lagi pola kerja kantoran dimana setiap hari menghabiskan waktu sekurang-kurangnya 8 jam di depan komputer, paparan radiasi dari komputer bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Menghadapi kondisi yang seperti itu, kalau tidak pintar-pintar menjaga daya tahan tubuh, pasti akan sering sakit. Selain mengonsumsi makanan sehat dan tidur cukup, kamu bisa melakukan 3 meditasi sederhana yang praktis untuk hilangkan stres dan ringankan pikiran.

1. Meditasi Pernapasan

Meditasi di pinggir danau via Mindful.org

Meditasi pernapasan merupakan meditasi kuno yang masih eksis sampai sekarang. Sesuai namanya, meditasi pernapasan bertitik tumpu pada pola pernapasan yang dilakukan tubuh kita untuk mendapatkan ketenangan atau relaksasi.  Caranya, cari posisi duduk senyaman mungkin, pejamkan mata, punggung lurus. Bernapaslah melalui hidung selama lebih kurang 15-20 menit.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sewaktu melakukan meditasi pernapasan:

  • Mulai dengan menarik napas terlebih dulu, lalu hembuskan perlahan. Ulangi 4-5 kali.
  • Langkah selanjutnya adalah menghitung napas. Fungsinya agar pikiran tetap fokus, rileks, serta konsentrasi tidak terpecah.
  • Mengikuti napas mungkin terdengar konyol. Apalagi bagi mereka yang sering melakukan meditasi seperti ini. Tapi sebenarnya menghitung napas berguna untuk ketenangan batin dalam tubuh.
  • Memperhatikan sentuhan napas. Pada tahap yang lebih tinggi, seseorang yang melakukan meditasi ini akan merasa napasnya makin lama makin hilang. Padahal yang terjadi sebenarnya napasnya menjadi halus.
  • Menenangkan napas. Pada tahapan terakhir ini setiap orang akan merasakan ketenangan batin. Dalam mata terpejam, ada yang merasa melihat cahaya yang sangat terang, ada juga yang merasa ujung hidungnya seperti digosok kapas atau sutera dengan sangat lembut. Bila hal itu terjadi, bisa dibilang kamu sukses melakukan meditasi pernapasan ini.

 

2. Meditasi Aktivasi Alam Bawah Sadar

Beragam alam bawah sadar manusia via Succes Praxis

Jenis meditasi yang kadang disebut juga effortless presence ini dilakukan dengan cara memusatkan pikiran, melepaskan keterikatan pada alam sadar kita, dan menyelami diri ke dalam pikiran alam bawah sadar. Hal ini berguna untuk merefleksikan diri lebih dalam lagi.

Poin terpenting dari alam bawah sadar adalah pikiran tersebut bersifat nonrasional atau nonlogika. Lewat meditasi aktivasi alam bawah sadar ini, kamu bisa mempercayai apapun yang bahkan dalam pikiran alam sadarmu terasa tak masuk akal. Kamu bisa menanamkan hal “yang melampaui” dirimu di alam bawah sadar. Dengan begitu harapannya adalah hal tersebut terbawa ke alam sadarmu.

Cara mengaktivasi alam bawah sadar kita:

  • Pilih tempat meditasi yang sepi dan bebas dari gangguan.
  • Posisikan tubuh duduk dengan punggung tegak lurus.
  • Pejamkan mata serileks mungkin.
  • Bila perlu gunakan alunan musik untuk membantumu lebih rileks. Tapi kalau malah mengganggu lebih baik tidak usah.
  • Bernapaslah dengan normal selama 30 detik; bersihkan pikiran dari berbagai hal.
  • Ambil napas panjang, tahan 5 detik, lepaskan perlahan, dan bayangkan tubuhmu dalam keadaan paling rileks. Yakinkan dirimu bahwa saat ini tubuh sedang dalam keadaan rileks dengan mengatakannya langsung atau di dalam pikiran.

 

3. Meditasi Alpha

Meditasi dengan mendengarkan musik via healthcareas

Di era modern, ragam meditasi semakin banyak. Salah satunya meditasi Alpha yang menggunakan teknologi audio gelombang. Suara yang berasal dari audio gelombang berguna untuk menstimulus otak agar menjadi lebih rileks.

Suara gelombang yang diperdengarkan berada pada frekuensi Alpha (7-13 Hertz). Pada frekuensi tersebut, kecemasan yang bercokol atas tugas sehari-hari perlahan bisa hilang. Di mana kamu bisa dapatkan audio gelombang (brainwave)?

Saat ini, banyak pusat terapi yang menjual secara daring file berisi berbagai jenis audio gelombang. Jika tidak mau membeli, kamu juga bisa mencari gratisannya di internet. Audio gelombang bisa kamu dengarkan di komputer, laptop, atau ponsel. Umumnya didengarkan lewat headset atau headphone.

 

Untuk melakukan meditasi Alpha:

  • Minum segelas air mineral agar terhindar dari dehidrasi selagi melakukan meditasi ini. Sebab ketika audio sudah dimainkan, aliran darah, metabolisme, dan aktivitas listrik di otak perlahan semakin meningkat.
  • Sama seperti meditasi sebelumnya, meditasi Alpha juga mengharuskan kamu memejamkan mata dan memposisikan tubuh serileks mungkin selama proses meditasi. Bisa dengan posisi tidur atau selonjor di kursi.
  • Terapi gelombang otak dapat mengakibatkan sakit kepala vaskular. Penyebabnya adalah karena aliran darah di otak meningkat. Untuk mengatasi ini, pijat dengan lembut bagian kelopak mata, kulit kepala, dahi, rahang dan telinga.
  • Waktu terbaik meditasi Alpha ketika saat istirahat, sepulang bekerja, atau menjelang tidur.

Ketiga meditasi ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah di sela-sela waktumu. Praktis bukan?

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply