5 Tantangan dalam 30 Hari yang Dapat Memotivasimu Jadi Lebih Baik

Orang bijak bilang kalau hidup adalah sebuah tantangan. Banyak hal-hal yang menuntut untuk diselesaikan dengan baik. Entah itu datangnya dari diri sendiri, keluarga, teman, rekan kerja, ataupun bos. Tapi tantangan yang dimaksud disini enggak se-deep itu sih. Mungkin kalau mau disandingkan dengan tantangan hidup, tantangan ini lebih mirip permainan.

Yang seperti apa sih? Itu lho tantangan-tantangan dalam 30 hari. Mungkin kamu pernah lihat di feed Instagram teman atau linimasa Twitter selebtwit tentang ajuan tantangan atau challenge semacam itu. Kalau kamu tertarik, coba deh ikutan. Karena tantangan ini selain bikin keseharian tambah seru, juga berguna untuk membangun kebiasaan serta memotivasi kita untuk hidup lebih baik.

Berikut adalah tantangan-tantangan dalam 30 hari yang bisa kamu mulai hari ini, hari Senin nanti, tanggal 1 bulan depan, atau kapan pun kamu siap.

#30haribercerita

Tantangan 30 hari bercerita ini adalah ajakan untuk rutin menulis atau ngeblog selama 30 hari. Yap, satu bulan penuh. Kamu bisa bercerita tentang apa saja yang terjadi di dunia ataupun yang dekat dengan keseharian kamu. Curhat? Boleh banget. Dengan ikut tantangan ini kamu bisa berlatih konsisten melakukan ritual menulis setiap harinya.

5 Tantangan dalam 30 Hari yang Dapat Memotivasimu Jadi Lebih Baik
#30haribercerita via writtent.com

#30harimenulispuisi

Kalau kamu ingin menulis yang lebih spesifik, bisa ikutan tantangan dalam 30 hari ini. Menulis puisi kan bukan cuma bisa dilakukan saat mabuk kepayang. Menulis puisi bisa dilakukan setiap saat.

Dengan seringnya menulis puisi, kita bisa melatih diri peka dengan diri sendiri dan keadaan. Siapa tahu kalau kemudian kamu publikasikan, puisi kamu banyak yang suka dan bisa menang lomba.

5 Tantangan dalam 30 Hari yang Dapat Memotivasimu Jadi Lebih Baik
#30harimenulispuisi via kajianteori.com

#30harimencaricinta

Bagi yang masih jomblo atau sedang digantungin sama pacar, tantangan ini bisa jadi solusi. Hitung-hitung membantu kamu memecahkan masalah kesendirian atau kegalauan.

Dengan ikutan tantangan ini kamu jadi terpacu untuk sering-sering keluar. Kamu bisa nongkrong sama teman-teman, menemani orangtua ke undangan, atau pergi ke seminar atau acara komunitas yang sesuai dengan selera kamu.

Tantangan #30harimencaricinta mungkin tidak berjalan dengan mulus sampai dengan hari ke 30-nya. Namun jangan pernah menyerah, karena tantangan dalam 30 hari akan dimulai kembali dengan hari yang baru pada bulan berikutnya. Ingat, yang paling utama dan sangat penting adalah NIAT and let the universe works for you!

5 Tantangan dalam 30 Hari yang Dapat Memotivasimu Jadi Lebih Baik
#30harimencaricinta via typotic.com

#30daysofphotochallange

Di era digital seperti sekarang ini, keberadaan smartphone dengan fitur kamera yang mumpuni tentu sudah umum. Kalau kamu punya gawai seperti itu, enggak ada salahnya mencoba tantangan ini. Kamu bisa mulai mengabadikan pengalaman dan keseharian kamu. Selain sebagai sarana ekpresi diri, ikutan tantangan ini juga cara yang menyenangkan untuk belajar fotografi lho.

5 Tantangan dalam 30 Hari yang Dapat Memotivasimu Jadi Lebih Baik
#30daysofphotochallenge via galadarling.com

#30daysofgratitude

Kehidupan setiap manusia pasti ada naik dan turunnya. Sewaktu naik sih enak, tapi sewaktu turun bawaannya sebal. Ketika melihat keadaan orang lain, pasti terasa diri sendiri lebih merana. Seperti kata pepatah, “Rumput tetangga selalu tampak lebih hijau.”

Nah, pemikiran seperti itu yang bisa kita usir jauh-jauh lewat mengikuti tantangan ini. Tantangan #30daysofgratutide akan mengajarkan kita untuk selalu ingat bahwa selalu ada sesuatu yang patut kita syukuri setiap harinya. Walau sekecil apapun hal baik maupun hal yang buruk yang terjadi dikeseharian kita, c’est la vie! Life goes on no matter what!

5 Tantangan dalam 30 Hari yang Dapat Memotivasimu Jadi Lebih Baik
#30daysofgratitude via Trans4mind.com

Setelah membaca tantangan-tantangan di atas, mana tantangan yang akan kamu lakukan dalam 30 hari mendatang? Dari tantangan tersebut, kita akan belajar membiasakan diri kita untuk hal-hal yang belum kita lakukan sebelumnya. Membentuk suatu kebiasaan hanya memerlukan waktu 21-60 hari dengan melakukan hal yang sama setiap harinya. Namun yang paling penting sebelum melakukan kebiasaan tentu saja adalah NIAT.

Leave a Reply