5 Cara Menikmati Perjalanan Commuter Line yang Asyik Saat Pulang Kerja

Jam pulang kerja adalah momen yang paling ditunggu hampir semua pekerja. Apalagi bagi mereka yang sudah menikah, kesempatan untuk bercengkerama dengan pasangan atau anak pasti sudah sangat dinantikan.

Masalahnya bagi para pengguna kereta Commuter Line Jabodetabek, berada di dalam gerbong kereta pada jam-jam sibuk pulang kerja menuntut perjuangan tersendiri. Daripada stres bersesakan di dalam kereta, lebih baik kamu lakukan beberapa cara menikmati perjalanan commuter line yang asyik saat pulang kerja ini.

 

1. Pejamkan Mata, Cobalah untuk Tidur!

A post shared by @siberian_ginseng on


Tan Malaka pernah bilang, “Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda.” Kalau dalam versi pekerja yang sehari-hari menggunakan moda transportasi Commuter Line, kemewahan itu adalah mendapatkan tempat duduk. Enggak bisa dipungkiri, tempat duduk di kereta komuter bak primadona yang ingin dimiliki setiap insan. Syukur-syukur bisa duduk dari stasiun awal hingga tujuan stasiun pulang.

Kalau kamu mendapatkan keberuntungan tersebut, manfaatkanlah untuk memejamkan mata dan cobalah untuk tidur! Menghabiskan perjalanan dengan tidur di kereta bisa membuatmu melemaskan otot-otot setelah seharian bekerja. Tidur di kereta juga memberikan kesempatan matamu istirahat setelah tadi terlalu lama menatap komputer atau gawai.

 

2. Utak-atik Gawai, Banyak Pilihannya!

A post shared by Chiara Vallazza (@kiaraseye) on


Kepingin tidur tapi apa daya tak dapat bangku? Masih banyak cara lain menikmati perjalanan Commuter Line yang asyik saat pulang kerja. Salah satunya ada dalam genggamanmu. Yap, GAWAI!

Tanpa disuruh pun, rasanya menggunakan gadget saat di transportasi umum banyak dilakukan. Apalagi di kereta! Bahkan sering ditemui dalam satu baris bangku dalam gerbong yang sama, semuanya penumpangnya sibuk utak-atik gawai!

Dengan gawai, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kebosanan di kereta. Misalnya, membaca berita online, chatting, menonton film atau drama, mendengarkan musik, aplikasi mewarnai, gim, menulis cerita pendek, sampai membaca Alquran pun bisa dilakukan hanya dalam satu alat!  Pastikan baterai gawaimu penuh ya!

 

3. Membaca Buku

A post shared by KeREADta (@kereadta) on


Ah masa baca buku sih? Kan pulang kerja, badan sudah lelah, masa masih mau membuat otak bekerja terus?

Mungkin ada sebagian orang menganggap membaca buku di dalam kereta saat pulang kerja hanya akan membuat otak semakin capek. Alasan itu sah-sah saja. Tapi, bagi mereka yang hobi membaca, kegiatan ini menjadi pilihan cara menikmati perjalanan Commuter Line yang asyik saat pulang kerja. Selain bisa mengusir kebosanan, membaca buku akan memberikan kamu banyak manfaat dan keasyikan tersendiri bagi si pembaca, selain membuatmu sedikit lebih keren. Percaya deh!

 

4. Mengobrol dengan Sesama Teman atau Pengguna Commuter Line

A post shared by fotokoma (@fotokoma_id) on


Sebagai pengguna setia Commuter Line dengan jadwal pulang kerja yang sama, biasanya kita akan bertemu dengan beberapa orang yang sama seperti di hari sebelumnya. Hal ini sebenarnya membuka peluang percakapan jika memungkinkan. Bahkan saking seringnya satu gerbong bareng, muncul juga kelompok atau banyak juga kelompok atau geng kereta jurusan tertentu.

Dari percakapan dengan orang baru, banyak hal yang bisa kita dapat. Selain mendapat teman baru, kadang-kadang juga bertukar informasi soal pekerjaan, dan tak menutup kemungkinan bertemu jodoh!

Sayangnya, kemajuan teknologi beberapa tahun ke belakang membuat komunikasi langsung pada lingkungan sekitar bisa dibilang semakin tergerus. Seperti olok-olok tentang gawai itu sendiri: mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat.

 

5. Kontemplasi


Kontemplasi? Jangan tertawa dulu bagaimana bisa kontemplasi di dalam gerbong kereta yang padat. Tapi, alih-alih duduk atau berdiri di gerbong sampai stasiun tujuan dengan pandangan kosong atau melamun, tanpa kita sadari kita justru sedang merenung. Entah itu soal pekerjaan di kantor, masalah di rumah, atau hal lainnya.

Kegiatan ini, kalau kamu sadari, justru bisa menjadi waktu untuk merefleksikan diri tentang hidupmu hari ini, yang lalu, dan apa yang akan kamu kerjakan besok. Jadi, tak hanya sekadar bengong tak jelas, melamunmu justru menjadi waktu untuk memperbaiki di tengah perjalanan Commuter Line saat pulang kerja.

Leave a Reply