Bagaimana Pola Makan dan Minum yang Baik dan Menyehatkan?

Pola makan yang baik dan sehat adalah pola makan yang mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran. Namun banyak orang  tidak tahu pola makanan yang baik dan menyehatkan bagi tubuhnya setiap harinya.

Banyak orang Indonesia mempunyai kebiasaan makan buah setelah selesai makan hidangan utama sebagai pencuci mulut. Hal ini sudah dianggap budaya karena banyak orangtua di Indonesia yang menyediakan dan menganjurkan anak-anaknya untuk memakan buah setelah makan.

Dengan asupan makanan berat yang mengandung karbohidrat seperti roti di pagi hari atau nasi di siang dan malam hari tanpa diimbangi oleh air, buah dan sayuran, maka usus kita dipaksa bekerja keras untuk mengolah makanan-makanan tersebut.

Jadi bagaimana pola makan dan minum yang baik dan menyehatkan itu?

Pagi Hari

Saat kita tidur selama 7-8 jam pada malam hari, tubuh kita kehilangan banyak cairan dan mengalami dehidrasi karena tubuh kita mengeluarkan keringat dan menghirup udara lembab pada malam hari.

Jadi, saat kita terbangun di pagi hari, sangat dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 1-2 gelas. Adapun fungsinya adalah untuk menggantikan cairan yang hilang , melancarkan aliran darah, membantu membersihkan usus dan mengeluarkan racun dari tubuh kita.

Dengan meminum air putih pada pagi hari juga dapat memudahkan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan yang akan kita konsumsi pada pagi hari. Setelah minum air putih, sangat disarankan untuk memulai sarapan sebelum jam 9 pagi yang diawali dengan mengkonsumsi buah sebelum makan roti atau nasi beserta lauknya.

Mengapa memakan buah itu penting?

Buah kaya akan nutrisi, serat dan rendah akan lemak, sodium dan kalori. Beberapa macam buah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menurunkan resiko penyakit jantung. Serat pada buah-buahan sangat membantu fungsi pencernaan pada tubuh.

Cara makan buah lebih baik dimakan secara utuh atau dipotong, karena buah-buahan yang sudah di jus hanya meninggalkan kandungan serat yang sedikit. Selain makan buah di pagi hari, buah-buahan juga disarankan untuk dimakan sebelum makan siang dan atau dapat dijadikan cemilan apabila rasa lapar datang tiba-tiba tanpa harus takut berat badan akan naik.

Bagi penderita diabetes, sangat disarankan untuk memperhatikan jenis karbohidrat dan buah-buahan apa saja yang dapat dan yang tidak dapat dikonsumsi karena dalam asupan karbohidrat, dan buah-buahan terdapat kandungan gula.

Jangan terlalu banyak makan karbohidrat di pagi hari, karena hal itu dapat menimbulkan rasa ngantuk, sehingga seseorang yang sarapan dengan karbohidrat yang berlebihan akan sulit  berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaannya.

Minumlah air putih untuk kesehatan kita. Foto via liveaunaturel.com

Siang Hari

30 – 60 menit sebelum makan siang, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah. Dengan mengkonsumsi buah, selain membantu proses pencernaan, jumlah makanan yang dikonsumsi akan berkurang karena perut sudah dipuaskan oleh buah-buahan sebelumnya. Hal ini juga dapat mencegah rasa ngantuk setelah makan.

Makan siang lebih baik dilakukan kurang lebih 6 jam setelah sarapan pagi. Hal ini dapat memberikan waktu bagi sistem pencernaan di dalam tubuh untuk mencerna makanan yang sudah dimakan pagi tadi dengan baik.

Pastikan selalu ada sayuran dalam menu makanan yang dipilih karena sayuran sangat penting. Mengkonsumsi sayuran dapat melancarkan metabolisme pencernaan, menjaga kadar gula darah, meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan tulang dan mencegah kanker.

Buah-buahan dan Sayuran yang menyehatkan via bbcgoodfood.com

Sore/Malam Hari

Makan malam sebaiknya dilakukan sebelum  jam 6-7 malam, karena sistem pencernaan memerlukan waktu sekitar 4 jam untuk mencerna makanan sebelum tidur.  Adapun bahaya tidur setelah makan akan menyebabkan obesitas, diabetes, serangan jantung, maag, dan lain-lainnya.

Minumlah air hangat sebelum tidur secukupnya karena dapat mengurangi dehidrasi, membakar kalori, detoksifikasi, dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Tips:

  1. Sebaiknya kita mengunyah makanan sebanyak 32 kali untuk membantu meringankan kerja lambung.
  2. 500 ml air putih yang dicampur dengan 1 sdm madu sebagai pengganti gula dapat memberikan dan jugadapat membantu membersihkan pencernaan.
  3. Makan buah yang mengandung air dapat mengurangi perut yang buncit.
  4. Rumus banyaknya air yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya adalah Berat badan x 0,06.
  5. Minumlah air putih hangat sebelum tidur.
  6. Buah-buahan yang dapat membantu menahan lapar: Pisang, apel, alpukat, dan pepaya.
  7. Beras putih dapat digantikan dengan kentang, oatmeal, beras merah, jagung, singkong, talas atau sukun untuk mengurangi kadar gula.

Leave a Reply