Tips Menabung dan Menghemat Biaya untuk Traveling

Apa yang akan kamu lakukan untuk melepaskan diri dari penat, kebosanan, maupun kesibukan sehari-harimu? Mungkin kamu akan kepo-in medsos teman kamu waktu dia liburan kemarin terus kamu membayangkan diri kamu sendiri dan seseorang istimewa atau teman-teman gang-mu menjelajah tempat itu.

Jangan cuma mimpi. Sekarang ini traveling sudah menjadi gaya hidup banyak orang. Oleh karena itu liburan adalah momen yang penting dan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh kita semua. Namun bagaimana jika liburan kamu ke suatu tempat jadi tertunda atau gagal karena keuangan tidak mencukupi padahal tempat tujuannya sudah masuk ke dalam bucketlist kamu?

Jangan takut. Berikut adalah tips menabung dan menghemat biaya untuk traveling kamu nanti.

1. Menabung

Jika kamu mempunyai pendapatan tetap, sisihkan pendapatan kamu ke dalam tabungan yang tidak bisa kamu sentuh sama sekali (jangan di celengan apalagi di bawah bantal ya). Rekening tersebut bisa saja dalam bentuk deposito atau tabungan berjangka yang tidak bisa disentuh. Tentukan jumlah yang sama dalam presentase setiap bulannya agar kamu bisa mengaturnya dengan mudah.

Contoh:

Apabila pendapatan kamu sebulan adalah 5 juta rupiah, tabungkan 30% dari pendapatan kamu tersebut. 1,5 x 12bulan = 18 juta.

Wah, dengan anggaran sebesar itu kamu bisa cukup leluasa untuk berwisata loh! Hanya menabung 30% selama setahun saja.

2. Kurangi Jajan

Kalau kamu hobi hang-out di Mall atau nongkrong di kafe, kurangi deh. Selain bisa menghemat uang,  kamu juga bisa belajar hidup sehat. Masih laper? Belilah buah untuk cemilan. Selain sehat, hal itu bisa juga membuat perut senang. Lebih hebat lagi kalau kamu bisa masak buat bekal kamu ke kantor atau kampus.

3. STOP Shopping!

Ini khusus para perempuan tapi tidak menutup kemungkinan para pria juga ya sekarang. Jagalah hati dan tahanlah diri kamu sekuat-kuatnya apabila kamu lihat MIDNIGHT SALE di Mall atau datangnya HARBOLNAS. Ingat, beli sesuatu yang dibutuhkan, BUKAN yang diinginkan ya.

4. Mulailah Belajar Hidup Sederhana

Hidup sederhana itu sebenarnya gampang. Jangan terlalu banyak membeli barang dan jangan menumpuk barang di rumah. Kalau ada barang yang kiranya tidak terpakai di rumah, bisa dijual loh. Kan banyak tuh situs-situs untuk menjual barang-barang kamu yang tidak terpakai namun masih layak pakai.

5. Cari Pekerjaan Tambahan

Apabila kamu merasa pendapatan per bulan kamu belum mencukupi untuk membuat anggaran traveling kamu, carilah pekerjaan tambahan, tapi jangan yang mengganggu pekerjaan utama kamu, apalagi bisa membuat kamu kewalahan.

Kalau kamu kerja kantoran, mungkin kamu bisa mencari menjadi freelancer atau pekerja lepas. Apabila kamu mempunyai keahlian dalam bidang bahasa atau menulis, kamu bisa jadi penerjemah buku atau menulis buku, atau bila kamu mempunyai keahlian dalam bidang design grafis, kamu bisa menjadi website designer.

Apabila kamu masih kuliah, carilah pekerjaan paruh waktu setelah kamu pulang kuliah dan atau pada saat liburan kuliah. Apabila 2-3 bulan liburan kuliah tahun ini kamu bekerja dan menabung, liburan kuliah 2-3 bulan di tahun depan kamu bisa traveling sama teman-teman kamu.

6. Bucketlist

Tips menabung dan menghemat biaya untuk traveling berikutnya adalah bucketlist! Yups, bucketlist atau daftar keinginan kamu setiap tahun ini sangat penting supaya kamu termotivasi melakukan berbagai tempat yang dituju. Daftar keinginan bisa dibuat per tahun. Jadi masukin deh nama-nama tempat atau negara-negara yang kamu mau kunjungi buat liburan mendatang. Hal ini penting karena bisa membuat perkiraan anggaran perjalanan kamu jauh-jauh hari.

7. Traveler Apakah Kamu?

Ini sangat penting. Kenapa hal ini penting? Ini berhubungan dengan semua harga dan kualitas dari sarana dan prasarana pilihan kamu nantinya, seperti transportasi, akomodasi dan tempat-tempat yang akan kamu kunjungi. Apabila kamu adalah traveler tipe “Ransel”, kamu bisa menghemat banyak biaya. Sedangkan jika kamu adalah traveler “Tipe Koper”, maka kamu harus membuat anggaran yang lebih besar.

8. Pakai Kartu Kredit dengan Bijak

Pada saat berbelanja, jangan menggunakan kartu kredit berlebihan karena kartu kredit adalah hutang yang tertunda. Kalau kamu pergi ke luar negeri dan menggunakan kartu kredit ketika berbelanja atau makan di restouran, berpikirlah dua kali karena rate kurs mata uang negara tersebut akan diubah menjadi kurs mata uang Indonesia yang kemungkinan tidak semurah yang kita pikirkan.

9. Tiket

Apabila kamu berencana untuk berlibur ke luar negeri, carilah tiket penerbangan jauh-jauh hari atau mencari tiket ”last minute deal”. Lebih bagus lagi apabila kamu memang mempunyai kartu keanggotaan dari suatu penerbangan, bonus perhitungan mil perjalanan kamu sebelumnya bisa digunakan untuk pemesanan tiket perjalanan kamu berikutnya.

10. Find Travelmate

Travelmate bisa membuat biaya perjalanan kamu lebih murah. Kenapa? Untuk suatu perjalanan, biaya yang paling banyak dikeluarkan adalah biaya akomodasi. Untuk biaya akomodasi bisa dibagi dua atau lebih tergantung berapa banyak teman yang ikut traveling bersama kamu. Kalau kamu pergi ke suatu pulau, kamu dan teman-temanmu bisa menyewa cottage atau bungalow.

Leave a Reply