Manfaat Menabung Bagi Masa Depan

Menabung penting bagi kehidupan kita. Dengan menabung, mengajarkan diri kita untuk berhemat. Selain itu, menabung juga berarti merencanakan masa depan kita, laiknya pepatah yang mengatakan “muda menabung, tua beruntung.” Berikut, beberapa manfaat menabung bagi masa depan:

1. Menyimpan Modal

via noobpreneur.com

Menabung merupakan bentuk investasi bagi masa depan kita. Ketika kita menyimpan uang kita, ketimbang menghamburkan uang dengan segera, maka kita akan menyimpan uang tersebut untuk masa depan kita. Uang yang kita simpan akan dapat terus bertambah sehingga dapat digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat di kemudian hari.

Dengan uang yang selama ini kita tabung, kita dapat memakai uang tersebut sebagai modal untuk membuka bisnis. Hal itu tentu akan sangat menguntungkan karena dengan investasi dan bisnis baru tersebut, kita akan dapat mendapatkan penghasilan tambahan.

 

2. Menghindari Diri dari Hutang

via ryugaku.gr.jp

Banyak orang yang boros dalam mengelola keuangannya sehingga mereka harus berhutang untuk memenuhi gaya hidupnya. Kebiasaan jelek boros tersebut sebetulnya dapat dihilangkan dengan menabung karena menabung dapat mengajarkan diri kita untuk berhemat dan tidak menghambur-hamburkan uang.

Ketika kita dapat menahan diri kita agar tidak boros, maka kita dapat terhindar dari utang. Dengan menabung kita juga akan mengumpulkan pundi-pundi uang kita, sehingga ketika kita ingin untuk memiliki sebuah barang yang berharga cukup mahal. Kita tidak perlu lagi untuk meminjam uang atau berhutang kepada seseorang, karena kita telah mempunyai tabungan.

 

3. Bekal di Hari Tua

via ca.news.yahoo.com

Kadang orang senang menghambur-hamburkan uangnya tanpa memikirkan masa-masa mereka di hari tua. Hal itu membuat kehidupannya setelah berhenti bekerja dapat berubah 180 derajat, dari yang tadinya berkecukupan, menjadi serba kekurangan, karena tidak mempunyai mata pencarian lagi. Jadi dengan menabung, kita mempersiapkan bekal kita di hari tua.

Orang yang selama masa bekerjanya menyisihkan uang hasil kerja kerasnya akan mempunyai bekal keuangan yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang sewaktu bekerja menghamburkan uangnya. Meskipun sudah tidak memiliki mata pencarian lagi, orang yang selama waktu bekerjanya menabung, kemungkinan masih akan mempunyai uang yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya di hari tua. Bahkan, mereka juga dapat melakukan investasi atau membuka bisnis, sehingga dapat mempunyai penghasilan tambahan.

 

4. Menjadi Contoh untuk Anak

via enews.sg

Anak-anak biasanya meniru perbuatan dari orang tuanya, seperti layaknya pepatah yang mengatakan ‘buah jatuh, tak jauh dari pohonnya.’ Ketika orang tuanya memberikan contoh untuk hidup boros dan jarang menabung, maka anak tersebut kemungkinan besar akan melakukan hal itu di masa yang akan datang. Untuk menghindari hal itu, kebiasaan menabung haruslah kita biasakan, sehingga pada nantinya kita mempunyai anak, kita dapat memberikan contoh agar anak kita mau untuk menabung.

Dengan mengajarkan anak kita untuk menabung, kita akan lebih menjamin masa depan anak kita untuk jadi yang lebih baik. Setidaknya ketika dia tahu keuntungan dari berhemat, dia akan belajar untuk merencanakan masa depannya di masa yang akan datang.

 

Itu dia manfaat menabung bagi masa depan. Masih ada waktu untuk memulainya dari sekarang. Segera atur rencana supaya masa depanmu aman!

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply