7 Macam Sambal Unik di Indonesia

Bagi orang Indonesia, khususnya pencinta makanan pedas, sambal adalah makanan pelengkap yang tidak boleh terlewatkan untuk berbagai macam makanan. Berbagai macam sambal tersedia dari Sabang sampai dengan Merauke. Banyaknya macam sambal, berbagai macam juga nama dan bahan-bahannya.

Berikut ada 7 macam sambal unik di Indonesia  yang harus kamu coba selain sambal yang sudah sering kita makan sehari-hari:

 

1. Sambal Kenari

Sambal Kenari khas Maluku via Okezone

Sambal Kenari adalah sambal tradisional dari daerah Indonesia bagian timur      seperti Maluku dan Sulawesi. Bahan-bahan dari sambal, normalnya terdiri   dari cabai, terasi bakar, garam, gula pasir, dan jeruk nipis. Namun yang membedakan dari sambal lainnya adalah penggunaan kenari. Dengan adanya kenari, maka rasa yang dihasilkan selain pedas adalah rasa gurih. Sambal kenari ini cocok dimakan dengan ikan bakar.

2. Sambal Linglung

Sambal Lingkung via resepkuliner.info

Sambal Lingkung atau sambal lingkong adalah sambal yang berasal dari Sumatera Selatan dan Pulau Belitung. Bahan utama dari sambal ini sebenarnya bukan cabai, melainkan ikan tenggiri rebus atau ikan gabus yang kemudian dihaluskan. Setelah dihaluskan, bentuknya akan menyerupai abon.

Bahan-bahan lain yang dimasukkan selain cabai adalah santan, daun salam, daun jeruk, lengkuas, merica, batang serai, ketumbar, kencur, jintan, kemiri, bawang merah, bawang putih, terasi, dan garam secukupnya. Kemudian bahan-bahan yang telah dihaluskan dimasak sampai dengan kering. Adapun sambal lingkung ini dimakan sebagai pendamping ketupat.

 

3. Sambal Bongkot

Sambal Bongkot via Pinterest

Sambal Bongkot berasal dari Pulau Dewata atau Pulau Bali ini berbahan utama yang unik, yaitu bunga kecombrang (Bongkot). Bunga kecombrang tersebut diiris tipis-tipis dan dicampur  dengan cabai rawit  dan bawang. Sambal ini cocok dimakan dengan ikan kuwe yang dibakar atau digoreng, menjadikan samba Bongkot menjadi 7 macam sambal unik di Indonesia. Patut dicoba!

 

4. Sambal Parado

Sambal Parado via Dunia Recipe

Sambal Parado adalah sambal khas Nusa Tenggara Barat. Uniknya, sambal ini terbuat dari campuran irisan tipis kulit jeruk purut, cabai rawit, garam, dan air jeruk. Rasanya sangat unik, perpaduan antara asam dan sedikit pahit. Pas dimakan dengan ikan laut yang bakar maupun yang digoreng.

5. Sambal Asam Udeung

Sambal Asam Udeung via Tastemade

Sambal Asam Udeung adalah sambal favorit dari Aceh. Adapun Edeung berarti udang. Sebutan lain untuk sambal ini adalah sambal ganja, namun bahan-bahan untuk membuat sambal ini tidak mengandung ganja. Ternyata dengan rasanya yang pedas asam dapat membuat yang memakan sambal ini ketagihan. Rasa asamnya berasal dari asam belimbing wuluh yang juga memberikan rasa segar. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal ini selain cabai rawit adalah udang kupas goreng, belimbing wuluh, bawang merah, garam, daun jeruk,  dan batang serai. Sambal ini cocok dengan berbagai macam lauk.

 

6. Sambal Colo-Colo

Sambal Colo-Colo via Brilio!

Sambal colo-colo selain terkenal di Ambon, Manado dan Ternate juga sangat terkenal di Papua. Rasanya yang unik karena rasa pedas dan asam melebur menggoyang lidah serta dapat membuat ketagihan. Bahan-bahan yang digunakan mudah dicari, yaitu cabai, bawang merah, tomat hijau. Sementara rasa asam dan segar tersebut didapat dari air jeruk nipis.

 

 

7. Sambal Tuktuk

Sambal Asam Udeung via Tastemade

Sambal ini mempunyai nama yang unik seperti kendaraan tradisional khas Thailand. Namun berbeda dengan Tuk Tuk yang ada di Thailand, Sambal Tuktuk yang berasal dari Sumatera Utara ini dijamin membuat ketagihan. Sambal Tuktuk ini berbahan dasar unik yaitu ikan teri atau ikan kembung (ikan aso-aso) yang telah dibakar atau digoreng, kemudian dihaluskan.

Sambal khas Sumatera Utara ini juga mempunyai wangi dan rasa unik yang membedakan dengan sambal lainnya, karena salah satu bahan yang dimasukkan adalah Andaliman. Rasa pedasnya bercampur dengan rasa gurih dan ketir dari bumbu Andaliman. Tambahan perasan jeruk nipis membuat sambal ini mempunyai rasa Nano Nano yang membuat ketagihan. Sambak Tuktuk ini paling pas dimakan dan sayur daun singkong tumbuk.

Indonesia itu adalah gudangnya sambal. Selain pelengkap makanan, sambal juga sebagai penambah nafsu makan. Apapun lauknya, pastikan selalu ada sambal sebagai pelengkap makananmu karena kamu tidak akan menemui berbagai macam sambal di negara lain. Apakah 7 macam sambal unik di Indonesia di atas sudah mengunggal selera makanmu?

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply